Masjid Al-Aqsa: Kiblat Pertama Umat Islam

Mahdy Saied Rezk Kerisem dalam bukunya menyebutkan bahwa Masjid Al-Aqsa adalah kiblat pertama kaum muslim dalam sholat. Sebelum Rasul SAW beserta para sahabatnya hijrah ke Madinah, beliau mendirikan ibadah sholat dengan menghadap ke Masjid Al-Aqsa di Baitul Maqdis.


Bahkan 17 bulan setelah hijrah dan difardhukannya sholat lima waktu pada peristiwa Isra Miraj, beliau dan umat Islam kala itu masih mengarah ke Masjid Al-Aqsa di sholat mereka.


Dalam riwayat Bara bin Azib, ia berkata: "Kami mengerjakan sholat bersama Rasulullah SAW ke arah Baitul Maqdis (maksudnya sesudah hijrah) selama 16 bulan atau 17 bulan. Kemudian kami dialihkan ke arah Kakbah." (Muttafaq Alaih)


Barulah sesudah rentang waktu tersebut, Allah SWT memerintahkan untuk memindahkan kiblat ke Kakbah di Masjidilharam, kota Makkah. Sebagaimana dalam Surat Al-Baqarah ayat 144:


قَدْ نَرٰى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَاۤءِۚ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضٰىهَا ۖ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۗ


Latin: Qad narā taqallubaka wajhika fis-samā'(i), fa lanuwalliyannaka qiblatan tarḍāhā, fawalli wajhaka syaṭral-masjidil-ḥarām(i), wa ḥaiṡumā kuntum fawallū wujūhakum syaṭrah(ū)


Artinya: Sungguh, Kami melihat wajahmu (Nabi Muhammad) sering menengadah ke langit. Maka, pasti akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau sukai. Lalu, hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Di mana pun kamu sekalian berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu.


Note!!!


Mengenai Informasi Paket Umroh Plus Aqsa Cahaya Kaabah, Silahkan Klik Link di bawah ini!



https://cahayakabah.com/listings/umroh-plus-aqsa-13-mei-2024-103jorpdbb